Monday, December 8, 2014

TIPS Cara Melatih Burung Kenari Nafas Panjang Lagu Ngeroll Stamina Prima untuk Kontes

Tips Cara Melatih Burung Kenari Nafas Panjang Lagu Ngeroll Stamina Prima untuk Kontes - Sekedar informasi, burung kenari yang siap untuk mengikuti kontes sangat tergantung kematangan si burung tersebut. Biasanya untuk burung kenari usia 8 bulan ke atas sudah bisa diterjunkan. Bahkan ada juga kenari umur usia 6 – 7 bulan ke atas sudah siap lomba, tetapi itu tergantung rawatan dari masih anakan. Lihat juga Cara Merawat Burung Kenari Suara Nyaring Gacor.
Foto Burung Kenari Yorkshire Jantan Harga Murah

Setiap kicaumania tentu menginginkan kenari yang mengeluarkan irama lagu ngeroll panjang. Prasyarat untuk bisa ngeroll panjang, tentu saja kenari harus memiliki nafas yang panjang.

Cara Melatih Burung Kenari Nafas Panjang Suara Lagu Ngeroll

Nah untuk melatih burung kenari bernafas panjang, gunakan kandang umbaran 2x1m dengan 2 buah tangkringan ujung ke ujung. Ibarat seorang atlet, kenari membutuhkan stamina sangat prima dan itu harus dilatih terus menerus

Manfaat dari melakukan pengumbaran kenari secara rutin, selain untuk memperpanjang nafas, juga untuk menjaga staminanya karena pada saat diumbar semua unsur tubuhnya bergerak terus. Ini akan membuat kenari sehat dan terhindar dari dari segala macam penyakit.

Kenari yang dipersiapkan untuk kontes d umbar atau minimal dua hari. Burung kenari diumbar selama sekitar 15 menit atau ketika kenari mulutnya sudah menganga. Kalau sudah begitu segera kenari dikembalikan kesangkarnya. Kenari jangan diumbar terlalu lama, misalnya efeknya Kenari jadi liar. Saat dimasukan kandang kontes ia akan sering nabrak jeruji, karena merasa masih di kandang umbaran.

Seminggu sebelum kontes kenari harus diistirahatkan dari umbaran dan sesering mungkin di kerobong supaya kicauannya tidak terlalu sering dan walupun kenari tersebut masih berkicau, minimal merendahkan volumenya atau tidak ‘ngotot’ ketika berkicau. Kerodong dibuka hanya saat membersihkan kandang, memberikan pakan, minuman, dan saat penjemuran

Cukup selama 1,5 – 2 jam setiap hari dan setelah diangin-anginkan sekitar 15 menit baru dikerodong kembali. Pada kenari muda sebaiknya lamanya penjemuran ditingkatkan secara bertahap disertai dengan extra fooding (EF) secara teratur teratur.

Kalau kita sudah mengetahui tipe kenari milik kita sudah bersuara panjang, penggunaan Kandang umbaran cukup seminggu sekali saja m atau disesuaikan dengan karakter masing-masing Kenari.

Selain itu cara melatih kenari nafas panjang ngeroll lakukan penjemuran secara teratur. Untuk kenari muda atau bahan, lama penjemuran ditingkat secara bertahap. Maksimal penjemuran dilakukan selama 1,5 sampai 2 jam, juga disesuakan dengan karakter.

Selain umbaran, mandi jemur teratur, berikan EF juga secara teratur. Mentimun/timun adalah salah satu EF yang baik untuk membersihkan lendir di tenggorokan kenari. Namun perlu diselang-seling dengan EF lain, dan jangan sampai misalnya diberikan sampai 3 hari berturut-turut. Sebab kenari bisa mencret. Lagipula sebaiknya digunakannya pada musim panas saja dan pada musim penghujan hindari pemberian timun.
Foto Kenari Jantan dan Betina Cara Melatih Kenari Suara Ngeroll Panjang

Sementara EF yang aman untuk kenari di musim panas dan hujan adalah daun sawi hijau. Di musim hujan, beberapa kenarimania ada yang menambahkan kenari dengan EF kroto sepucuk sendok teh 2 hari sekali, atau telur puyuh 2 kali seminggu. Pada air minum ada kenarimania yang juga memberikan madu 3 tetes.

Semoga tips burung kicau tentang Cara Melatih Burung Kenari Nafas Panjang Lagu Ngeroll ini dapat bermanfaat ya
Disqus Comments