Sunday, June 22, 2014

FOTO BURUNG GELATIK Cara Merawat Kicau Nyaring Harga Burung Gelatik Terbaru

Foto Burung Gelatik Cara Merawat Kicau Nyaring dan Harga Burung Gelatik Terbaru - Burung lokal yang satu ini secara fisik hampir mirip burung pipit, namun warna yang dimilikinya menjadi ciri khas yang membuatnya mudah dikenali. Burung Gelatik atau dalam nama latin disebut Padda merupakan salah satu burung kicau populer. Lihat juga informasi sebelumnya Foto Cara Memelihara Burung Kutilang.
Foto Burung Gelatik Tips Cara Merawat dan Update Harga Terbaru

Burung yang habitatnya hampir menyebar di seluruh daerah di selatan Pulau Jawa ini, lebih menyukai daerah sabana atau tanah-tanah lapang dengan banyak rerumputan. Gelatik hidup mengelompok dengan makanan utamanya adalah bulir-bulir rerumputan, terutama padi.

Gelatik asli Pulau Jawa khususnya atau kerap disebut Gelatik Belong, memiliki warna yang khas sehingga mudah dikenali. Bulu berwarna putih akan mendominasi pada bagian bawah kelopak mata atau pipi, sementara itu, bulu hitam mendominasi bagian kepala. Paruh Gelatik Jawa tebal dan berwarna merah.

Suara Kicau Burung Gelatik

Soal suara, Gelatik juga memiliki ciri khas, kicau mania kerap menirukan suara burung ini dengan bunyi "swit.swit..swit.." yang terus berulang.

Salah satu pecinta burung pemakan biji-bijian ini adalah Mardiah. Ia tertarik memelihara dan akhirnya terjun sebagai salah satu breeder di Yogya lantaran jatuh cinta pada warna eksotis si burun padang ilalang ini.

"Sejak sekitar 2010 lalu, saat pindah dari Pasar Ngasem ke sini (PASTY) saya mulai fokus ke Gelatik. Karena Gelatik lokal memang hampir punah, saya coba breeding impor. Ada dua jenis yang sudah hasil sendiri. Dari Holland dan Jepang"

Harga Burung Gelatik Terbaru

Sepasang Gelatik dari Holland dan Jepang yang sudah berjodoh dan siap bertelur, dijual antara Rp 700-800 ribu. Untuk warna silver asal Holland sedikit lebih mahal, Rp 1 juta sepasang, sedangkan warna krem Rp 800 sepasang. Untuk Gelatik Jepang yang seluruh bulunya berwarna putih dijual Rp 700 ribu. "Kalau yang masih muda umur 3 bulan, yang Jepang Rp 400 ribu, Hollan krem Rp 500 ribu, silver Rp 700 ribu. Gelatik impor warnanya bagus, kalau yang jantan bagus buat isian lomba," terang Mardiah.

Cara Merawat Burung Gelatik

Untuk pemeliharaan relatif mudah, sama seperti burung pekicau pada umumnya. Bagi para pemula yang langsung berorientasi breeding sebaiknya membeli yang sudah siap kawin. Namun, bila hanya untuk kesukaan alias hobi semata, bisa membeli bakalan jantan saja.
"Tahun lalu pas lagi naik daun, sepasang Gelatik Hollan silver bisa sampai Rp 1,5 juta, dan yang krem sepasang Rp 1,3 juta. Memang penggemar burung Gelatik ini lumayan segmented. Yang beli ketempat saya rata-rata malah dari luar Yogya," ujar Mardiah.

Mardiah menambahkan, untuk breeder pemula, sebaiknya menetaskan telur langsung pada induknya. Dibutuhkan waktu sekitar 30 hari untuk mengerami hingga telur-telur tersebut menetas. "Pas betina mengerami, suara jantan pas bagus-bagusnya," kata Mardiah.

Di Indonesia sendiri, ada dua jenis Gelatik, yakni gelatik timor (Padda fuscata) dan gelatik jawa (Padda oryzivora). Untuk motif warna, ada kemiripan antara kedua jenis gelatik ini.
Foto Burung Gelatik Wingko Jantan Betina Harga Burung Kicau Terbaru

Demikian informasi terbaru burung kicau Foto Burung Gelatik Cara Memelihara agar Kicau Nyaring Gacor Harga Burung Gelatik Terbaru. Burung kicauan memang memerlukan perhatian khusus dan harus mengetahui trik khusus cara membedakan kelamin jantan atau betina ya.
Disqus Comments