R15 adalah keluarga termuda dari R-Series bersama, R25, R6, dan R1. Yamaha memberikan R-DNA yang meliputi lima hal penting, yakni mass forward (distribusi bobot ke depan), sharp & hight tail (bodi belakang runcing & tinggi), dual furious headlight (lampu depan ganda), aerodynamic body (desain bodi aerodinamis), dan muscular look (tampil kokoh).
Desain
Merepresentasikan DNA R-Series sebagai sepeda motor super sport sejati, R15 berdesain futuristik. Lampu utama ganda yang tajam, bodi belakang runcing, fairing aerodinamis kekar. Khusus lampu, dilengkapi fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di kanan. Sementara lampu belakang terinspirasi R6 dengan desain meruncing dan pelopor di kelasnya yang menggunakan lampu berteknologi LED.
Jok terpisah (split seater) dengan bahan anti selip seperti moge sport kelas dunia. Di bawah jok belakang dilengkapi tempat penyimpanan perkakas. Fairing sebagai ciri khas sepeda motor sport didesain dual-layer yang berkesan aerodinamis, dilengkapi lubang sirkulasi udara demi menjaga suhu mesin.
Spidometer menggabungkan instrumen digital dan analog serta multifungsi, karena tersedia beragam indikator yang lengkap dan mudah terlihat. Kunci utamanya dilengkapi key shutter (penutup lubang kunci) dan anak kunci model laser cut menjamin keamanan maksimal saat diparkir. Penutup knalpot beraksen karbon dan tertanam emblem bertuliskan R15 dengan bahan berkualitas tinggi.
Pengendalian
Keunggulan lainnya adalah pengendalian. Supaya mantap dan lincah, Yamaha menyusun dan mengaitkan beberapa komponen. Seperti rangka delta box, pelek dan ban, sumbu roda, posisi berkendara, lengan ayun alumunium, suspensi monokok, double disc brake, dan setang racing.
Yang menarik, delta box R15 juga digunakan pada R1 dan R6. Konstruksinya kuat dan kokoh serta mengadopsi teknologi yang diterapkan pada MotoGP, sehingga membuat pengendalian mantap dan stabil saat kecepatan tinggi.
Rancangan pelek model palang lima berdimensi lebar, kuat dan ringan, dibalut ban tubeless. Ban ekstra lebar di belakang dengan ukuran 130/70, lebar pelek 3,5 inci membuatnya mencengkeram aspal lebih stabil. Jarak sumbu roda panjang, menjadikan pengendalian lebih mantap saat menikung dengan cepat.
Nilai lebih lain, lengan ayun berbahan alumunium, pertama dan satu-satunya yang ada pada sepeda motor sport di Indonesia, seperti yang digunakan juga di MotoGP. Pengendara pun diklaim bisa merasakan sensasi naik sepeda motor super sport saat mengendarai R15.
Semua itu didukung desain berkonsep bodi depan merendah, serta bodi belakang meninggi, dan tinggi jok pengendara 800 mm yang sangat ”ramah” dengan rata-rata tinggi badan orang Indonesia.
Performa
Mesin R15 berkapasitas 150 cc, silinder tunggal, dengan 4 katup, SOHC, berpendingin cairan. Melalui transmisi 6 percepatan, daya maksimum yang bisa dicapai 16,59 PS @8.500 rpm, dan torsi maksimum 14,5 Nm @7.500 rpm.
Spesifikasi lain, sepeda motor yang dibanderol Rp 28 juta on the road Jakarta itu sudah full teknologi terkini seperti speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, injeksi, dan low friction technology. Semua rangkaian tersebut menjadikan akselerasinya lebih cepat namun tetap hemat bahan bakar, sehingga ideal untuk berkendara sehari-hari.
Demikian info sepeda motor sport terbaru Indonesia Foto Model Motor Yamaha Terbaru Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia Lengkap.